Berapa banyak handphone yang pernah lo pake? Yakin cuma sedikit? Coba deh inget2.
Pada gw SMA, sampai awal masuk kuliah blom ngerasa bahwa HP itu butuh, tapi saat bergabung di organisasi klub komputer diawal masuk kuliah, barulah merasa butuh akan penggunaan handphone.

1. Frensip 388 (2004-2005)
Pada saat join jd aktivis BNCC ditanya no hp nya berapa? wahh saya blom pakai HP waktu itu. Dan banyak kebutuhan untuk komunikasi disana. Untungnya ada promo dari operator Fren. Handphone murah ini sangat laris di jamannya, susah bgt dicari di konter2 hp. Akhirnya saya dapatkan di kantor fren di roxy dengan antri pastinya. Ada batasan penjualan perharinya soalnya. Berakhir karena pulsa minimal sebulan hanya ada 50rb. Eh kl gak salah HP inject ini dibeli sama Pay deh.

2. Nokia 3210 (2005)
Minjem bekas punya kakak, disinilah kartu im3 yang saya gunakan pertama kali ditancapkan. Kenapa IM3? Ya karena paket SMS dan Multimedianya yang paling diunggulkan. Begitu pula dengan adanya pulsa 25rb untuk masa aktif 30 hr. Berakhir dengan saya memecahkan kaca casing di layarnya, sehingga diomelin dan gak saya pakai lagi karena gak mau diomelin.

3. Motorolla C380 (2005-2008)
Dengan jerih payah ngumpulin uang jajan yang alhamdulillah seadanya hingga cukup akhirnya kebeli hp low end ini. Handphone ini pertama kali bs digunakan sebagai modem, bs ditransfer datanya dengan kabel mini usb ke komputer. Disini pula main2 iseng develop WAP, install aplikasi mig33.jar, ebuddy dll.
Karena sepertinya pasar akan HP candibar layar kecil sdh tidak terkenal, saya tdk jual HP ini. Masih tersimpan nih.

5. Audiovox Thera (2007-2008)
Mau skripsi, wah mesti banyak baca ebook nih. Enaknya bs yg mobile. Blom ada tablet dijaman ini, adanya PDA. Nah sempet cari2 mahal semua, bahkan sampai ke PGC, jauh bgt kan tuh dr meruya. Akhirnya ternyata ada aslab yg jual dgn harga lumayan murah, yaudah deh kebeli nih PDA dengan sistem Windows Mobile. Sayangnya kurang terlalu kepakai nih. Hingga datanglah suatu musibah, dimana laptop yang saya pakai buat skripsi hilang dicuri di mushola kampus. Tidak enak minta tambahan uang yang cukup banyak ke ortu, akhirnya PDA ini saya jual buat nambahin beli laptop Dell seken.

6. Esia bundling CDMA (2007-2009)
Karena kebutuhan komunikasi selama skripsi, akhirnya saya beli sekenan HP esia bundling ini. Masih inget saya COD nya di halte depan markas. Setelah skripsi HP ini dianggurin, tp dipakai lg disaat butuh komunikasi intens dgn seseorang waktu itu #eh. Ah sudahlah.

7. Nokia 7210 (2008-2009)
Udah mulai kerja nih ceritanya, tapi karena detik.com dan port chatting YM diblok di kantor akhirnya coba iseng2 beli sekenan HP ini buat chatting. Cm seharga 1,2 jt dari harga barunya katanya 4jtan. Ini hape pertama yang punya kamera Megapixel. HP pertama pula yang menggunakan OS non java yang saya gunakan. HP ini menggunakan OS symbian v2.
Banyak aplikasi yang saya instal disini, jaman dulu blom ada namanya nokia store (ovi), jadi kalau mau download aplikasi tidak ada pusatnya. Biasanya saya download dari getjar.com. Mulai dr aplikasi chatting seperti ebuddy, browser opera mini, sampai aplikasi religius.
HP ini berakhir karena layarnya memendar, tombolnya pun sudah kurang enak untuk melakukan navigasi. Karena kondisinya rusak, saya tidak jual HP ini.

8. Nokia 5800 Express Music (2009-2011)
Kerja sudah lumayan nih gajinya, hoho. HP sebelumnya juga sudah rusak. Bahkan kadang tdk bs digunakan untuk telp karena sepertinya penerimaan sinyalnya sudah tak seoptimal dahulu.
Iphone killer, yah itulah yang diusung di komunitas. Tp mnrt saya sih ini tidak apple to apple komparasinya.
Inilah HP pertama bagi saya yang menggunakan earphone 3.5mm, Touch screen dan yang memiliki fitur GPS. Jaman inilah Nokia sedang naik daun. OS yang digunakan adalah Symbian v6. Lama saya menggunakan ini karena fiturnya yang bagus dan prestigius juga.
Tapi karena sudah lebih dari 2 tahun, dan juga komunitas sudah beralih ke BB. Yah sudah lah saya jual saja ini untuk beralih ke BB.

9. Blackberry Curve (2011-Maret 2012)
Nyicipin juga nih yg namanya BB, hape simple yg kompetensi intinya adalah chatting ini saya beli seken di kaskus seharga 1.3 jt dengan COD di dunkin donnut Wisma 46. BB ini saya beli karena terseret arus komunitas yang tdk bs dibendung. 1 thn lebih saya gunakan ini, tp saat saya jual masih laku mahal lho. Saya pasang harga 900rb saja yang mau berebutan. mungkin kurang dr 5 mnt saya pasang iklannya di kaskus, langsung ada yg berminat. Tau gitu saya jual mahalan dikit,, hahaha tamakk.

10. Samsung Galaxy Wonder i1850 (Maret 2012- Oktober 2014)
Smartphone mid end ini saya dapatkan dengan harga 2.7jt. Inilah smartphone android pertama yang saya pakai. Karena samsung produknya banyak, hp ini secara resmi mentok di versi android Gingerbread.
Dari awal saya beli, saya sudah set target ganti HP berikutnya dengan menghitung depresiasi 100rb perbln. Woho alhamdulillah bisa sampai lbh dari 2.5 tahun dengan 2 kali ganti baterai, 1 kali ganti anti gores dan soft case.
HP ini sempat rusak diawal tahun kedua selama 2bln. Handphone ini secara intermitten suka restart sendiri, dan lama kelamaan seperti boot loop. Menurut samsung service center, motherboardnya yang kena. Sayangnya sdh diluar masa garansi. Saya cb ke tukang reparasi HP di kuningan, ternyata katanya cm tombol powernya yg rusak, tapi dia tidak ada spare part tombolnya. Alhasil keluar dr reparasi itu dengan ada kabel yang melanglang keluar dari tombol volume down. Pasti bingung, kenapa dr yg rusak tombol power kok yg berkabel malah tombol volume down. Hahhaa ini karena si masnya mencabut tombol vol down dan memindahkannnya ke tombol power.
Saya memutuskan untuk ganti HP karena aplikasi sekarang sudah berat2. Dari yang awalnya saya instal Go Launcher, Go Keyboard, semua aplikasi media sosial terkenal seperti instagran twitter, Whatsapp dll, sekarang tinggal Whatsapp saja tapi keyboardnya kadang diketik tidak masuk karena kehabisan RAM yang hanya bisa nampung 350MB. Akhirnya saya tambahkan swap memory tapi hanya bertahan sebentar.
Dengan kondisi tanpa volume down, bs dijual gak yah? yah dicoba saja dicoba, yg penting jujur brooo…
[Update] wohoo,, ternyata kasih lakh kejual 650rb, hehee Bagus saya jual sebelum tren HP bagus murah debut saja xiaomi dan google one.

11. ASUS Fonepad 7 yang di upgrade ke Nexus 7 ( November 2013-sekarang)
Wah kl yg ini ceritanya lg pengen tablet buat browsing2 aja, eh ada yg ASUS Fonepad dengan harga low end sekali tapi specnya bagus. Setelah berpikir2 lama, yasudah saya beli deh di Lazada. Eh baru dipakai 3 hari batrainya drop sampai tidak bs dinyalakan lagi. Setelah 1 kali bolak balik ke service center, saya ajak debat lead CS nya. Berakhir dengan win-win solution. Saya upgrade tablet saya ke Nexus 7 dengan tambahan uang. Sampai sekarang alhamdulillah masih kinyis2 nih tablet.

12. LG Nexus 5 (Oktober 2014-sekarang)
Nah ini yang saya gunakan buat ngetik blog ini. Iseng2 cari di kaskus pagi2, eh ada yg jual HP ini dengan pemakaian kurang dari 1 bln fan msh mulus banget. Harganya pun yang barunya 4.8jt, saya bs dapatkan ini dengan 3.65jt. Yasudahlah gasak saja toh dia mau COD-an deket kantor di blok M. Hehhee.

Nah banyak juga yah yang sudah saya pakai. Saya update lg deh kl ada tambahan. Bagaimana dengan anda?.

3 comments

  1. Ghani 16 February 2015 at 10:13 AM

    Reply

    kalo saya udah gak ngitung lagi udah berapa kali ganti hape, pokoknya awal saya punya hape tuh setia banget sama nokia hahaha

    • mridwann 10 May 2015 at 9:06 PM

      Reply

      hahaha biar napak tilas mas, jadi suatu saat nanti bisa nunjukin bahwa sempat pakai Nokia saat dia masih jadi perusahaan handphone terbesar 😀

  2. google 5 March 2015 at 9:21 PM

    Reply

    Welcome to WordPress. This is your first post. [[” ] Edit or delete it, then start blogging!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *